Minggu, 23 Januari 2011

Risiko Defisiensi Seng dan Vitamin A terhadap Kemampuan Adaptasi Gelap - Studi pada Anak Sekolah Dasar

Hagnyonowati

Latar Belakang. Kemampuan adaptasi gelap pada mata merupakan salah satu fungsi penglihatan yang berkaitan erat dengan kemampuan mata mengembalikan fungsinya setelah mengalami paparan cahaya. Suplementasi Seng dan vitamin A ternyata memberikan hasil positif terhadap kemampuan adaptasi gelap pada mata anak.
Tujuan Penelitian. Penelitian ini bertujuan mengetahui bahwa defisiensi Seng dan vitamin A  merupakan faktor resiko terhadap kemampuan adaptasi gelap pada anak sekolah dasar di Desa Deras, Kedungjati, Grobogan.
Rancangan Penelitian. Penelitian ini menggunakan observational study design melalui pendekatan waktu secara crossectional. Sampel menggunakan 51 anak kelas V pada Sekolah Dasar Negeri 1 dan 2 Desa Deras, kecamatan Kedungjati, kabupaten Grobogan. Seluruh proses pengambilan data dilakukan oleh tenaga terlatih sesuai dengan kualifikasi seperti dokter spesialis mata, dokter umum, ahli gizi dan tenaga laboratorium. Analisis data penelitian menggunakan program SPSS under Windows yang dilakukan secara deskriptif dan analitik. model regresi logistik digunakan untuk menjawab hipotesis penelitian dengan tingkat kepercayaan 95%.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar