Minggu, 23 Januari 2011

Hubungan Karakteristik Keluarga dan Kebiasaan Konsumsi Makanan Kariogenik dengan Keparahan Karies Gigi Anak Sekolah Dasar (Survei pada Anak Sekolah Dasar di Kecamatan Cihideung Kota Tasikmalaya)

Lilik Hidayanti
Anak-anak mudah mengalami karies gigi yang dapat menyebabkan rasa sakit, sehingga anak menjadi malas makan dan akhirnya dapat mengalami kekurangan gizi. Karies gigi disebabkan oleh tiga faktor yang saling berhubungan yaitu makanan, host dan bakteri. Di samping itu, juga terdapat faktor risiko seperti karakteristik keluarga yang meliputi pengetahuan, sikap dan kesukaan terhadap makanan kariogenik, pendapatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan karakteristik keluarga dan kebiasaan konsumsi makanan kariogenik dengan keparahan karies gigi. Penelitian ini menggunakan metode survei dengan desain Cross sectional. Populasi adalah anak SD umur 8 tahun dengan jumlah sampel sebanyak 278 anak yang diambil dari 9 SD.
http://www.magi.undip.ac.id/penelitian/31-versi-indonesia/115-hubungan-karakteristik-keluarga-dan-kebiasaan-konsumsi-makanan-kariogenik-dengan-keparahan-karies-gigi-anak-sekolah-dasar- 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar