Senin, 24 Januari 2011

EFEK PENDIDIKAN GIZI TERHADAP PERUBAHAN KONSUMSI ENERGI DAN INDEKS MASSA TUBUH PADA REMAJA KELEBIHAN BERAT BADAN (Studi Dilakukan di Sekolah Menengah Pertama Dominico Savio Semarang)

Retno Endah Widhayati
Latar belakang : Kelebihan berat badan pada remaja dapat menetap hingga dewasa dan berpotensi mengakibatkan berbagai penyakit. Pendidikan tentang gizi dan pengaturan pola makan, merupakan salah satu upaya untuk menanggulangi kelebihan berat badan pada remaja. Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan efek pendidikan gizi secara individu dan kelompok terhadap perubahan konsumsi energi dan Indeks Massa Tubuh pada remaja dengan kelebihan berat badan.
Metode : Rancangan penelitian eksperimen dengan desain non randomized pre-post test. Populasi terdiri dari siswa-siswi SMP Domenico Savio Semarang berusia 12-14 tahun dengan kelebihan berat badan. Pembagian kelompok intervensi ditentukan dengan metode convenient sampling, yaitu berdasarkan kesanggupan subjek dalam mengikuti program pendidikan gizi. Persentil IMT dihitung dengan menggunakan program nutrisoft berdasarkan usia dan jenis kelamin subjek. TKE dan persentase asupan lemak dihitung dari rerata hasil 3 hari food record dibandingkan dengan kebutuhan energi sehari. Uji normalitas data menggunakan Shapiro Wilk, Analisis data dilakukan dengan Paired t –test dan Wilcoxon test untuk membandingkan persentil IMT, TKE dan persentase asupan lemak sebelum dan sesudah pendidikan gizi pada tiap grup penelitian. Uji Independent t-test dan Mann Whitney test digunakan untuk membandingkan perbedaan penurunan pada persentil IMT, TKE dan persentase asupan lemak antara kedua grup penelitian.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar