Selasa, 25 Januari 2011

PENGARUH LAMA FERMENTASI DAN KONSENTRASI GLUKOSA TERHADAP AKTIVITAS ANTIBAKTERI, POLIFENOL TOTAL DAN MUTU KIMIA KEFIR SUSU KACANG MERAH

uun Kunaepah
Kefir susu kacang merah merupakan salah satu produk fermentasi Bakteri Asam Laktat (BAL). Kefir bermanfaat bagi kesehatan antara lain memperbaiki proses pencernaan dan memproduksi senyawa antibakteri. Tujuan penelitian adalah mengetahui pengaruh lama fermentasi dan konsentrasi glukosa terhadap aktivitas antibakteri, polifenol total dan mutu kimia kefir susu kacang merah.
Penelitian ini menggunakan rancangan acak lengkap faktorial 3x3 dengan ulangan 3 kali. Materi yang digunakan adalah kacang merah, starter bakteri Lactobaccillus bulgaricus dan khamir Candida kefir dengan perlakuan konsentrasi glukosa 5%, 10%, 15% dan lama fermentasi 18 jam, 21 jam, 24 jam. Variabel yang diukur adalah aktivitas antibakteri menggunakan difusi agar, polifenol total menggunakan reagen Folin-Ciocalteu dengan spektrofotometer UV-Vis dan mutu kimia (Total asam, pH, kadar alkohol) kefir susu kacang merah. Analisis data menggunakan Analisis varians (Anova). Apabila ada pengaruh perlakuan terhadap variabel yang diukur, dilanjutkan dengan uji LSD pada taraf 5%.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar