Senin, 24 Januari 2011

PERBEDAAN PENGARUH PENGGUNAAN LEAFLET DAN LINGKARAN DIET TERHADAP KEPATUHAN PENDERITA OBESITAS DALAM MENERAPKAN PROGRAM DIET RENDAH KALORI Studi pada Mahasiswi yang Tinggal Di Sekaran Gunungpati, Kota Semarang

Nugraeni Oktiningrum

Latar Belakang: Program diet rendah kalori banyak di tulis di beberapa literatur termasuk leaflet dan mudah didapat, namun jumlah penderita obesitas semakin meningkat. Pemberian media diet yang menarik diharapkan dapat merangsang otak untuk melaksanakan program diet secara patuh. Lingkaran diet merupakan media diet baru yang belum pernah digunakan sebelumnya.
Tujuan penelitian: Mengetahui apakah terdapat perbedaan pengaruh penggunaan leaflet dan lingkaran diet terhadap kepatuhan penderita obesitas dalam menerapkan program diet rendah kalori.
Metode Penelitian: Jenis penelitian Quasi eksperimen pre-test and post-test control group design. Responden: wanita obesitas, minimal 18 tahun, kebutuhan kalori 1900-2100 Kkal/hari. Ada 2 kelompok perlakuan, kelompok leaflet dan lingkaran, minimal 28 orang/ kelompok. Program diet dilaksanakan 4 minggu. Intake energi diketahui dengan food record. Pengamatan dan pencatatan meliputi tingkat pengetahuan, sikap dan Tingkat Konsumsi Energi sebagai parameter kepatuhan (patuh jika TKE: 80-100%).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar