Senin, 24 Januari 2011

HUBUNGAN KADAR RETINOL SERUM DENGAN THYROID STIMULATING HORMONE (TSH) ANAK BALITA DI DAERAH KEKURANGAN YODIUM (Studi di Kecamatan Kismantoro, Kabupaten Wonogiri)

Rinaningsih
Latar Belakang : Di negara berkembang seperti Indonesia, sering terjadi kekurangan vitamin A dan kekurangan yodium secara bersama. Kekurangan vitamin A dapat menurunkan asupan yodium ke dalam tiroid dan mengganggu sintesis tiroglobulin serta meningkatkan ukuran tiroid.
Tujuan : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kadar retinol serum,  kadar TSH dan membuktikan hubungan kadar retinol serum dengan kadar TSH di daerah kekurangan yodium, yaitu di Kecamatan Kismantoro Kabupaten Wonogiri
Metode  : Penelitian ini bersifat deskriptif analitik dengan pendekatan cross sectional. Tiga puluh tujuh subyek berumur antara 6-59 bulan, dipilih secara random dari 2260 balita yang tinggal di Kecamatan tersebut. Pengukuran TSH dilakukan dengan metode ELISA dan retinol serum dengan HPLC. Analisis data dilakukan dengan uji korelasi Pearson dengan taraf signifikansi p<0,05.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar