Minggu, 23 Januari 2011

PENGARUH TABU MAKANAN , TINGKAT KECUKUPAN GIZI, KONSUMSI TABLET BESI DAN TEH TERHADAP KADAR HEMOGLOBIN IBU HAMIL DI KOTA PEKALONGAN TAHUN 2006

Afiyah Sri Harnany
Latar Belakang: Satu dari ibu hamil di Pekaongan menderita anemia. Anemia dalam kehamilan akan memberikan pengaruh kurang baik bagi ibu dan bayinya. Berdasarkan hasil studi pendahuluan, 83% ibu hamil di Pekalongan masih melaksanakan tabu makanan selama kehamilannya.
Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh tabu makanan, dan beberapa faktor lain, yakni tingkat kecukupan konsumsi zat gizi, konsumsi tablet besi, kebiasaan minum teh tehterhadap kadar Hb pada ibu hamil di Kota Pekalongan.
Metoda: Penelitian ini menggunakan metode survei, dengan rancangan cross sectional, yang didahului dengan studi kualitatif. Sampel adalah ibu hamil dengan usia kehamilan trimester III, sebanyak 79 orang, diambil dengan cara porpotional randum Sampling. Kadar hemoglobin diperiksa dengan metoda cyanmet, tingkat kecukupan gizi, konsumsi tablet besi, dan teh yang diperoleh dengan wawancara langsung selama 3 hari. Hipotesis diuji dengan menggunakan regresi ganda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar