Minggu, 23 Januari 2011

Perbedaan Profil Lipid Pada Peserta Senam Jantung Sehat

Etisa Adi Murbawani
Latar Belakang. Olahraga atau aktifitas fisik yang teratur mempunyai peran dalam mencegah terjadinya penyakit jantung koroner. Senam jantung sehat merupakan salah satu senam aerobik yang mempunyai susunan lengkap, dalam artian format pemanasan, latihan, dan pendinginan dalam satu paket. Olahraga yang memberikan hasil terbaik adalah olahraga yang dilakukan paling sedikit 3 kali perminggu.
Tujuan penelitian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan profil lipid darah pada latihan fisik terprogram yang dilakukan tiga kali seminggu dan satu kali seminggu pada peserta Klub Jantung Sehat  dengan memperhitungkan beberapa faktor kovariat, yaitu jenis kelamin, asupan lemak dan energi, aktifitas fisik lain, BMI, gaya hidup, asupan kalsium, asupan serat, kepatuhan olahraga.
Rancangan Penelitian. Penelitian ini adalah penelitian observasional. Populasi terjangkau dalam penelitian ini adalah seluruh anggota Klub Jantung Sehat yang berumur > 40 tahun  di Semarang. Pemilihan sampel dilakukan dengan teknik Consecutive Sampling dan  analisis data dilakukan dengan Uji beda t. Untuk mengetahui  perbedaan profil lipid pada kedua kelompok dengan memasukkan berbagai variabel kovariat, digunakan analisis ancova dengan program SPSS for windows versi 11,0.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar